Senin, 22 April 2013

Bagaimana Menyajikan Rencana Kampanye Komunikasi ?



Menyajikan Rencana Kampanye

Semua perencanaan kampanye yang telah dibuat tentunya akan di­presentasikan kepada berbagai pihak yang berkepentingan. Karena itu semua harus dituangkan ke dalam format yang baik, agar pihak­plhak yang berkepentingan dengan kampanye dapat melihat dan memahami rencana kampanye dengan mudah.
Secara umum, isi dari sebuah format penyajian rencana kam­panye terdiri dari komponen-komponen berikut:
Bagian 1. Analisis Masalah
Bagian ini menyajikan keterangan seputar latar belakang program kampanye, analisis kondisi lingkungan baik yang bersifat positif maupun negatif; serta tujuan organisasi yang mengadakan kam­panye. Latar belakang kampanye sebaiknya bersifat narasi yang me­narik karena akan mengantarkan pembaca kepada bagian selan­jutnya. Pada bagian ini tekankan juga alasan-alasan mengenai pentingnya kampanye tersebut dilaksanakan. Sedangkan analisis kondisi lingkungan dan organisasi dapat dibuat narasi ataupun menggunakan poin-poin.
Bagian 2. Tujuan Program Kampanye
Bagian ini menyajikan tujuan program kampanye yang dituangkan secara jelas, spesifik dan terukur
Bagian 3. Pesan Kampanye
Pesan yang sudah spesifik dan merupakan turunan dari tema kampanye. Karena pesan kampanye kemungkinan tidak hanya satu, maka penulisan dapat menggunakan poin-poin.
Bagian 4. Sasaran Kampanye.
Ada baiknya penulisan sasaran lengkap dengan penggolongan sasaran tersebut ke dalam lapisan-lapisan tingkat bidikan. Mulai dari lapisan utama, kedua dan. seterusnya.
Bagian 5. Strategi dan Taktik.
Penulisan strategi dan taktik ini diikuti dengan performance indicator yang membuka keterangan jelas dan terukur mengenai hasil yang diharapkan dari penggunaan taktik dan strategi tersebut.
Bagian 6. Alokasi Waktu dan Sumber Daya
Sajikan alokasi waktu dan sumber daya sejelas mungkin, namun dalam bentuk rangkuman. Karena perencanaan alokasi waktu dan sumber daya biasanya panjang dan detail, maka keterangan seleng­kapnya sebaiknya diberikan pada lampiran.
Bagian 7. Metode Evaluasi
Bagian ini menyediakan keterangan secara garis besar mengenai me­tode evaluasi yang akan digunakan, serta cara-cara pelaksanaannya.
Format yang dibuat oleh Steve Collins dari University of Ottawa berikut ini (Ferguson, 1999) dapat kita jadikan bahan acuan atau pertimbangan (rencana ini bersifat fiktif).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar