Senin, 22 April 2013

PERENCANAAN KAMPANYE KOMUNIKASI



PERENCANAAN KAMPANYE KOMUNIKASI
sumber : Gregory,2000;Simmons,1990


1.      Arti penting Perencanaan Kampanye
 Tidak bisa tidak, perencanaan merupakan tahap yang harus dilakukan agar kampanye dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Ada beberapa alasan mengapa sebuah perencanaan harus dilakukan dalam sebuah kampanye (Gregory,2000;Simmons,1990),yaitu:
a.       Memfokuskan usaha.
Perencanaan membuat tim kampanye dapat mengidentifikasi dan menyusujn tujuan yang akan dicapai dengan benar hingga akhirnya pekerjaan dapat dilakukan secara efektif dan efisien, karena berkonsentrasi pada prioritas dan alur kerja yang jelas.
b.      Mengembangkan sudut pandang berjangka waktu panjang.
Perencanaan membuat tim membuat tim kampanye melihat semua komponen secara menyeluruh. Ini akan membuat tim kampanye tidak berfikir mengenai efek kampanye dalam jangka waktu yang pendek tapi juga ke masa depan, hingga mendorong dihasilkannya program yang terstruktur dalam menghadapi kebutuhan masa depan.
c.       Meminimalisasi kegagalan.
Perencanaan yang cermat dan teliti akan menghasilkan alur serta tahapan kerja yang jelas,terukur dan spesifik serta lengkap dengan langkah-langkah alternatif, sehingga bila ada kegagalan bisa langsung diambil alternatif penyelesaian.
d.      Mengurangi konflik
Konflik kepentingan  dan prioritas merupakan hal yang sering terjadi dalam sebuah kerja tim. Perencanaan yang matang akan mengurangi munculnya konflik,karena sudah ada bentuk tertulis mengenai alur serta prioritas pekerjaan untuk tiap-tiap anggota tim.
e.       Mmemperlancar kerja sama dengan pihak lain
Sebuah rencana yang matang akan memunculkan rasa percaya pada pendukung potensial serta media yang akan digunakan sebagai saluran kampanye,hingga pada akhirnya akan terjalin kerja sama yang baik dan lancar.

2.      Aspek-aspek Perencanaan Kampanye
Membuat perencanaan yang matang sebenarnya  bukan masalah sesuatu yang sulit. Tim perencana kampanye dapat merumuskan perencanaan berdasarkan lima pertanyaan sederhana yaitu: apa yang ingin dicapai?siapa yang akan menjadi sasaran?pesan apa yang akan disampaikan?bagaimana menyampaikannya?bagaimana mengevaluasinya?
Kelima pertanyaan tersebut dapat dituangkan kedalam tahap-tahap perencanaan seperti yang digambarkan pada bagian berikut............(bersambung bagian 2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar