Rabu, 23 Maret 2011

Ekonomi media - Analisis Permintaan dalam Media


  1. Analisis Cross –elasticity of demand (Elastisitas silang Permintaan)

Dari hasil review yang sebelumnya telah dibahas dapat dikatakan bahwa demand tidak hanya dipengaruhi oleh harga saja, tetapi juga ketersediaan produk lainnya yang dapat digunakan sebagai pengganti (Substitusi) yang terjadi karena antara lain :
1.      Perubahan selera dan pilihan
2.      Karakteristik demografik
3.      Penghasilan (individual)
4.      Teknologi

Cross elasticity of demand naik, bila ada banyak produk subtitusi yang potensial
Namun, ada yang perlu dicatat yaitu keragaman pilihan media yang tersedia, tidak selalu bersifat substitusi, tetapi juga bisa saling melengkapi (complement). Misalkan pilihan surat kabar harian kompas yang dipadankan dengan situs elekronik kompas.com.

  1. Analisis dari Tipe Permintaan Untuk Produk Media

Dari hasil overview diatas dapat disimpulkan bahwa ada tiga jenis faktor permintaan untuk tiap produk media dan dianalisis pada level permintaan yang berbeda :
  1. Media Contentàindividu audiensàtingkat kepuasan dan kegunaan (use & gratification level)
  2. Advertisingàorganisasional (makro level)
  3. Media outletsàmarket (industri) level àmerger-akuisisi

1 komentar:

  1. MHS Casino NJ | Reception Venues - KTH
    The MHS Casino 보령 출장마사지 at Harrah's Philadelphia 오산 출장안마 casino is located near 논산 출장마사지 the Mohegan 사천 출장샵 Sun Casino, owned by the Mohegan 충청북도 출장샵 Tribe.

    BalasHapus