- Masalah Ekonomi
Masalah ekonomi melibatkan proses yang berurusan dengan isu penting dari produksi dan konsumsi, yaitu :
(1) Berapa banyak barang yang akan dihasilkan?
(2) Bagaimana barang akan dihasilkan?
(3) Siapa yang akan mengkonsumsi barang?
Jawaban pada pertanyaan – pertanyaan ini akan menentukan arah organisasi dan orientasi bisnis mendasar dari sistem ekonomi suatu industri media massa.
Dalam poin-poin diatas, selain untuk menentukan barang apa yang akan dihasilkan, produsen harus juga mempertimbangkan kuantitas barang akan dihasilkan dan metode produksi seperti apa yang akan diterapkan. Serta Perbedaan pengeluaran antara sektor publik dan sektor swasta dalam menentukan jumlah barang untuk diproduksi. Sebagai contoh, dalam sektor publik, pemerintah membuat keputusan tentang berapa banyak uang untuk dihabiskan pada bidang pertahanan, sedangkan pada waktu yang sama menentukan seberapa banyak untuk mengalokasikan program dalam negeri seperti perawatan kesehatan. Dalam sektor publik, keputusan adalah sering berdasarkan pada pilihan sosial dan secara politik sensitif (yaitu, keamanan sosial dan program-program pemberian), daripada sebagai respon pada pertimbangan ekonomi khusus.
Dalam sektor swasta, keputusan produksi dipengaruhi oleh interaksi antara pembeli dan penjual dalam kasus media. Sebagai contoh, dalam industri buku, bukan hanya menyoal buku tersebut berbicara tentang apa, tetapi lebih dari itu yakni berapa jumlah salinan buku yang akan diproduksi atau dicetak. Lebih lanjut, produsen juga memperhitungkan prakiraan permintaan buku dari konsumen.
Poin kedua dari masalah ekonomi ini bisa ilustrasinya bisa dijawab dengan contoh. Misalnya, seorang produser film Hollywood berhak menentukan dimana tempat lokasi produksi dari film tersebut. Seorang produser film berhak menentukan bagaimana barang atau film tersebut dihasilkan yang nantinya akan didistribusikan ke konsumennya. Poin terakhir, dalam menentukan siapa yang mengkonsumsi barang, kebijakan tertentu dibuat oleh produsen media. Biasanya, setiap produsen media massa dalam memproduksi media baik itu cetak maupun elektronik telah memiliki segmentasi yang jelas. Yaitu siapa sasaran utama dari barang prduksi media baik cetak maupun elektronik baik itu dari segi usia, ekonomi, sosial, dan demografi
Penjelasan deskriptif diatas mengilustrasikan bagaimana masyarakat dapat memberikan jawaban berbeda pada tiga pertanyaan atau poin ini yang membentuk masalah ekonomi. Selanjutnya, akan dibahas Tipe dari struktur ekonomi dalam masyarakat mempengaruhi produksi, distribusi dan konsumsi.
Daftar Pustaka:
Albarran, Alan. 1996 Media economics: understanding markets, industries and concept. Low State University Press.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar