Rabu, 23 Maret 2011

Ekonomi media - Elastisitas Permintaan dalam Media Massa


  1. Elastisitas Permintaan

Elastisitas permintaan. Perubahan dalam harga dihasilkan dalam perubahan dalam kuantitas ditentukan oleh konsumen yang diarahkan sebagai elasticity of demand atau lebih umum disebut price elasticity of demand (elastisitas harga permintaan). Dalam elasitas permintaan  mengenali tiga tipe yaitu: elastis; unit-elastis dan tidak elastis. Tipe elastisitas harga permintaan disajikan secara grafis dalam Gambar dibawah. 












Dalam elastisitas permintaan, perubahan dalam harga dihasilkan dalam kuantitas permintaan. Kita sering melihat ini terjadi sebagaimana teknologi baru dikenalkan. Pada awalnya, harga untuk teknologi tertentu adalah sangat mahal ketika pertama kali dikenalkan pada konsumen (sebagai contoh,  band kalkulator, VHS VCRs, personal komputer) tetapi harganya mulai turun ketika banyak rumah tangga menggunakan teknologi tersebut.                                                                                                                   Dalam unit permintaan elastis,  perubahan harga dihasilkan dalam perubahan yang sebanding dengan kuantitas.  Harga yang rendah tidak meningkatkan  kuantitas permintaan
 Permintaan tidak elastis terjadi ketika perubahan dalam harga menghasilkan basis proporsional dalam kuantitas permintaan. Harga yang turun tidak selalu berarti bahwa konsumen akan meminta lebih banyak barang; jika tidak diinginkan  atau tidak diperlukan atau mempunyai sedikit nilai, maka kuantitas permintaan tidak akan berubah.
            Elastisitas harga permintaan dapat diperhitungkan dengan membagi persentase perubahan dalam kuantitas dari produk oleh persentase perubahan dalam harga.
                                   






                         
           
            Elastisitas Permintaan atau Price Elasticity of Demand (PED) adalah ukuran kepekaan perubahan jumlah permintaan barang terhadap perubahan harga. Elastisitas permintaan digunakan sebagai cara untuk mengukur seberapa besar kepekaan perubahan jumlah permintaan barang terhadap perubahan harga. Ketika harga sebuah barang turun, jumlah permintaan terhadap barang tersebut biasanya naik —semakin rendah harganya, semakin banyak benda itu dibeli. Elastisitas permintaan ditunjukan dengan rasio persen perubahan jumlah permintaan dan persen perubahan harga.
Tanda positif atau negatif mendahului  statistik mengindikasikan arah dari permintaan; dalam sebagian besar kasus, elastisitas harga  permintaan adalah  jumlah negatif.
            Ahli ekonomi menggunakan kriteria berikut untuk menentukan elastisitas.  Jika statistik lebih besar daripada + 1.0 permintaan dikatakan menjadi elastis. Kurang lebih daripada + 1.0 permintaannya tidak elastis, dimana  statistik dari + mewakili elastisitas unit. Tabel dibawah mengilustrasikan harga  elastisitas ini dari formula permintaan, bagaimana mereka ditetapkan dan dampak mereka pada pendapatan. 

Daftar Pustaka:
Albarran, Alan. 1996 Media economics: understanding markets, industries and concept. Low State University Press.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar