Rabu, 23 Maret 2011

Ekonomi media - Tipe Permintaan Untuk Media


  1. Tipe-Tipe Permintaan Untuk Produk Media
Adalah penting untuk dicatat bahwa jika ada media massa. Jelas, ada permintaan dan ada  level berbeda untuk isi media jika dihubungkan  dengan khalayak. Disini, permintaan dapat diukur pada level individual  dengan ukuran penggunaan konsumen dari suatu produk. Hal ini dapat dipelajari dengan membahas  pembelian konsumen secara langsung (seperti membeli surat kabar, buku, atau tiket  film) atau dalam kasus isi bisa juga ditawarkan secara gratis ( seperti televisi) dengan kegunaan (kepuasan) yang ditawarkan oleh produk. Secara khusus, kegunaan adalah subjektif pengukuran dan individual menetapkan nilai.
            Apa yang dimaksud  dengan Nilai? Ahli ekonomi  memikirkan nilai sebagai  sesuatu hasil yang muncul dari produk tertentu atau pelayanan. Nilai adalah proses subjektif  yang dihubungkan pada kepuasan individual.
            Konsumen menetapkan nilai berdasarkan pada keinginan individual dan kebutuhan untuk produk tertentu. Dalam istilah  penggunaan media, proses ini membantu  konsumen memutuskan tipe dari isi media apa untuk digunakan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Sistem ekonomi menentukan siapa yang akan memproduksi barang, bagaimana barang akan dihasilkan dan siapa yang akan mengkonsumsi barang berdasarkan pada tipe dari struktur ekonomi, ditemukan dalam masyarakat. Dalam sebagian besar negara maju,  ekonomi gabungan digunakan  dalam media massa, yang menetapkan ekonomi pasar dengan batasan regulasi pemerintah.
            Ekonomi pasar dipandu oleh  supply and demand yang berinteraksi melalui pasar untuk mempertahankan keseimbangan. Dalam  pasar berbasis ekonomi,  supply and demand berinteraksi  untuk membuat fungsi ekonomi.  Media massa  terus menerus dilibatkan dalam  suplly and demand di suatu negara, mendapatkan sumber pada basis harian dengan tujuan untuk mensuplai konsumen dengan isi media atau produk yang mereka inginkan.
            Permintaan dapat diukur pada level berbeda dan dipengaruhi oleh banyak variabel termasuk harga, nilai,  perubahan rasa, pilihan, dan pendapatan.  Ketika bentuk berbeda dari isi media dapat digantikan satu sama lain; elastisitas silang dari permintaan muncul. Elastisitas silang dari permintaan  adalah alat yang berguna dalam analisis ekonomi dan sering digunakan dalam  keputusan kebijakan publik.
           
Daftar Pustaka:
Albarran, Alan. 1996 Media economics: understanding markets, industries and concept. Low State University Press.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar