Rabu, 23 Maret 2011

Ekonomi media - Tipe Ekonomi Media


  1. Tipe – tipe Ekonomi

            Ketika pemerintah mencoba menjawab pertanyaan yang timbul dari masalah ekonomi, maka a command  economy (komando ekonomi) muncul. Dalam tipe  ekonomi ini, pemerintah membuat semua keputusan sekaligus mengatur mengenai produksi dan distribusi dalam industri media massa. Pemerintah memutuskan  apa yang akan diproduksi sekaligus kuantitasnya; menetapkan upah dan harga dan juga merencanakan  tingkat pertumbuhan ekonomi. 
            Dalam market economy (ekonomi pasar), muncul sistem kompleks dari para pembeli, penjual, harga, profit dan kerugian yang kemudian  menentukan jawaban pada pertanyaan mengenai produksi dan distribusi dalam masalah ekonomi, dengan tidak ada intervensi pemerintah. Dalam industri media massa di suatu negara yang mengganut tipe ekonomi pasar seperti ini
            Dalam mixed economy (ekonomi gabungan), kombinasi dari  ekonomi pasar dan komando ekonomi ditemukan. Di Amerika,  sebagaimana di sebagian besar dari negara – negara berkembang dunia, media massa bekerja dalam struktur ekonomi gabungan. 

Daftar Pustaka:
Albarran, Alan. 1996 Media economics: understanding markets, industries and concept. Low State University Press.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar