Rabu, 23 Maret 2011

Ekonomi media - Supply and Demand dalam Media


  1. Supply and Demand

            Pada kerja pengendali  ekonomi pasar (pernyataan kekuatan tidak terlihat) adalah sejumlah pembeli dan penjual bekerja pada pihak dari kepentingan mereka sendiri. Surat kabar  mencontohkan ilustrasi dalam gaya lebih sederhana bagaimana  fungsi ekonomi pasar bekerja. Dimulai dengan material mentah seperti lemabaran-lembaran kertas yang diperlukan untuk mencetak  surat kabar dan mengakhiri dengan kreasi produk jadi  yang dikonsumsi atau dibaca oleh konsumen. Mendasari contoh ini adalah dua konsep fundamental dari sisem pasar; supply and demand. Dalam ekonomi pasar, mekanisme supply and demand bekerja bersama untuk menyelesaikan  masalah ekonomi dari masyarakat.







            Supply secara normal dianggap sebagai jumlah produk yang penghasil atau produsen akan tawarkan pada harga tertentu. Produsen menentukan kuantitas, tetapi membuat sebagian besar dari keputusan produksi mereka berdasarkan pada  antisipasi kebutuhan  dari mereka yang akan mengkonsumsi produk (konsumen atau pengiklan).
            Supply yang tersedia  dari sebuah produk akan secara langsung dipengaruhi oleh permintaan untuk produk yang ditempatkan dan diperuntukkan kepada konsumen. Permintaan ditetapkan sebagai pengukuran kuantitas dari produk atau jasa tertentu yang konsumen akan beli pada suatu harga tertentu.











            Dalam gambar diatas adalah sebuah kurva permintaan untuk sebuah produk dengan harga yang berbeda. Dalam contoh ini adalah harga dari video dan permintaan dari video. Ahli ekonomi menggunakan alat yang disebut kurva permintaan untuk mendiagramkan perubahan supply dan harga yang disebabkan pada permintaan konsumen. Kurva permintaan adalah secara normal  menurun berarti bahwa sebagaimana harga  untuk barang tertentu atau pelayanan berkurang, kuantitas (supply) diminta oleh akan konsumen meningkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar