- Konsep Ekonomi
Struktur ekonomi dari masyarakat atau kelompok dipengaruhi oleh karakteristik politik, legal dan sosial yang berlaku dalam kondisi masyarakat atau kelompok tersebut yang nantinya juga akan berdampak pada praktik – praktik bisnis pasar persaingan diantara media massa. Sifat dari sistem politik dalam suatu Masyarakat atau kelompok akan menentukan bagaimana sebuah industri media massa bekerja. Hal tersebut disebabkan oleh arti dari konsep media massa itu sendiri yakni sebuah institusi ekonomi yang berkaitan dengan produksi dan penyebab suatu isi media yang ditargetkan kepada khalayak atau konsumen.
Kondisi politik suatu negara akan mempengaruhi gerak kerja atau sistem kerja yang dianut media massa di negara tersebut. Misalnya di Amerika yang kondisi politik dan ekonominya kapitalis, otomatis akan mempengaruhi gerak dari industri media massa setempat. Artinya masyarakat di dalam industri media massa mempunyai kebebasan dalam mengembangkan bisnis dan melakukan aktivitas ekonomi seperti melakukan produksi dan distribusi konten media. Dengan kondisi seperti ini maka di Amerika sebagian besar pihak yang bermain dalam industri media massa adalah pihak swasta atau pihak yang memiliki modal.
Pihak swasta yang bermain dalam industri media massa melakukan produksi dan distribusi konten media untuk mencari profit ekonomi. Sistem ini mendorong adanya interaksi bisnis antara produsen dengan konsumen media massa, dalam kasus ini yang dimaksud adalah bisnis iklan. Para konsumen baik dalam arti khalayak pembeli produk media ataupun pembeli iklan yang ingin ditampilkan dalam sebuah media dapat mempengaruhi keberlangsungan dari produsen Industri media massa itu sendiri. Dan lebih jauh lagi bahwa para produsen industri media massa bersaing untuk memperebutkan dua konsumen tersebut.
Dalam industri media televisi misalnya, bersaing untuk memperoleh rating penonton yang tinggi agar juga mendapatkan pengiklan yang banyak. Di dalam industri media percetakan pun sama, berlomba untuk mendapatkan oplah yang tinggi, di radio menarik jumlah pendengar yang tinggi pula, begitu seterusnya agar perputaran ekonomi terus berjalan.
Daftar Pustaka:
Albarran, Alan. 1996 Media economics: understanding markets, industries and concept. Low State University Press.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar