Rabu, 23 Maret 2011

Ekonomi media - Analisis Tipe-Tipe Ekonomi


  1. Analisis Tipe-Tipe Ekonomi
Dari hasil analisis review diatas konsep ekonomi media tipe-tipe ekonomi bagian tdapat dibagi menjadi dua, yaitu:
  1. Media; Ekonomi makro
-          sistem ekonomi nasional yang berarti bahwa perkembangan bisnis suatu media massa tidak bisa lepas dari sistem ekonomi yang dianut pada negara yang bersangkutan. Sekalipun itu adalah kapitalisme dan liberalisme namun tetap saja ada regulasi yang diatur oleh pemerintah. Selain itu kondisi ekonomi dari suatu negara tersebut juga sangat mempengaruhi
Contohnya ialah :
·        Kebijakan Ekonomi
·        Pertumbuhan Ekonomi
·        Inflasi

  1. Media; Ekonomi Mikro
-          Sistem ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga-harga pasar dan kuantitas faktor input, barang, dan jasa yang diperjualbelikan. Ekonomi mikro meneliti bagaimana berbagai keputusan dan perilaku tersebut memengaruhi penawaran dan permintaan atas barang dan jasa, yang akan menentukan harga; dan bagaimana harga, pada gilirannya, menentukan penawaran dan permintaan barang dan jasa
Contohnya ialah;
·        Struktur Ekonomi
·        Perilaku Konsumen

Analisis berikutnya dari hasil review kembali membahas tentang masalah-masalah ekonomi. Dalam poin ‘’Seberapa banyak produk yang akan diproduksi?” dan poin “Bagaimana cara diproduksi?” , maka jawaban yang akan cukup membantu kemana arah solusinya adalah dengan membagi masalah ekonomi tersebut ke dalam dua buah sektor. Pertama adalah sektor publik. Pemecahan masalah ‘lewat’ sektor publik ini berarti keputusan produksi konten media dan barang produksi media dibuat oleh pemerintah. Serta landasan berpikir-nya lebih mengedepankan kepada pertimbangan sosial dan politik yang terjadi dalam negara tersebut daripada hanya berpedoman pada pertimbangan ekonomi semata.
Sementara yang kedua adalah sektor privat. Sektor privat dalam hal ini berarti bahwa keputusan bergantung pada interaksi antara penjual dan pembeli. Jadi, keputusan dalam konsep ekonomi ini ada dalam suatu lini yang kecil dan tidak bersifat masif. Semua tergantung dari keputusan produsen atau juga sesuai kebutuhan konsumen. Contohnya adalah dalam sebuah industri buku. Buku yang dihasilkan atau diproduksi akan disesuaikan. Misal judul, jumlah cetakan, desain cover, format penulisan, dan sebagainya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar